Pariwisata Pribumi: Memberdayakan Masa Depan yang Berkelanjutan


Pariwisata pribumi telah membuat langkah besar selama dekade terakhir di mana penyedia pengalaman mengundang para tamu untuk mendapatkan pemahaman tentang budaya dan tradisi mereka.

Meningkatnya minat dalam pariwisata berkelanjutan dan rekonsiliasi menghadirkan kesempatan bagi komunitas First Nations untuk berbagi berbagai keahlian mereka dengan pengunjung dari seluruh dunia.

Dengan meningkatnya permintaan akan pengalaman mendalam secara budaya, "banyak komunitas telah melakukan kegiatan pengembangan pariwisata untuk mendukung kebangkitan budaya, kesadaran antar budaya, dan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ini membawa pekerjaan dan peluang karir bagi masyarakat adat di semua tingkat keterampilan."

Khususnya, pengalaman pariwisata pribumi telah berkembang dalam permintaan dan popularitas. Dan ketika masyarakat menjauh dari ekstraksi sumber daya, fokus yang lebih besar pada pariwisata yang berpusat pada masyarakat dan berkelanjutan adalah jalan ke depan, dengan pariwisata pribumi memimpin.

wisata satwa liar yang dipimpin penduduk asli

Apa itu Pariwisata Pribumi tentang

Pariwisata yang dipimpin penduduk asli bertindak sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat melalui pembagian budaya lokal dan pengelolaan lingkungan, sebagaimana dipandu oleh First Nations.

Pariwisata Adat didefinisikan sebagai bisnis pariwisata yang mayoritas dimiliki, dioperasikan dan / atau dikendalikan oleh Bangsa Pertama, Métis atau masyarakat Inuit yang menunjukkan hubungan dan tanggung jawab kepada masyarakat adat setempat dan wilayah tradisional di mana operasi tersebut berbasis.

Untungnya, operator memiliki lebih banyak suara di mana unsur-unsur budaya mereka mereka berbagi, seperti yang tercantum dalam Protokol Pariwisata Budaya Adat.

Ke depan, "tidak lagi masyarakat adat dan budaya mereka objek yang menarik dalam perdagangan wisata - mereka adalah operator dan dengan demikian, mereka mengelola aspek mana dari budaya mereka dibagi dan yang ditahan."

Plus, beberapa kegiatan musim panas yang paling populer - termasuk rekreasi luar ruangan dan wisata satwa liar - adalah dua area operator pribumi dapat menawarkan banyak pengetahuan dan keahlian. Dan, mereka yang berada di pasar perjalanan solo yang mencari pengalaman petualangan dan pribadi dapat melihat ini sebagai pilihan yang menarik.

Bagaimana pariwisata adat berdampak pada masyarakat

Pariwisata yang dipimpin penduduk asli mendorong rekonsiliasi sambil memberi para tamu pemahaman yang lebih dalam tentang budaya selain budaya mereka sendiri.

Pada catatan lain, hubungan antara pariwisata dan masyarakat adat menawarkan pandangan yang lebih holistik tentang pengelolaan lingkungan bagi operator dan pengunjung.

It’s also worth mentioning how “in Canada, the uptick in Indigenous-led wildlife tours and community-based cultural experiences reflects the growth in this market. Both domestic and international tourists are increasingly drawn to Indigenous culture.”

Menyediakan masyarakat adat dengan outlet untuk berbagi pengetahuan dan tradisi mereka sangat berharga. Sebagai pemangku kepentingan pariwisata, penyedia pengalaman adat bertugas "melindungi dan menghormati budaya masyarakat adat, hak-hak mereka dan tradisi leluhur mereka," menurut Kode Etik Global UNTWO.

Pariwisata pribumi berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan untuk perjalanan mengingat "meningkatnya permintaan untuk ruang terbuka lebar, ekowisata, perjalanan lambat, dan terlibat dengan masyarakat lokal"

apa itu pariwisata pribumi

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah keuntungan dari pariwisata pribumi lebih besar daripada dampaknya pada masyarakat lokal di mana operator berbasis.

Secara alami, para tamu yang disajikan dengan pemahaman tentang budaya asli juga akan menemukan nilai lingkungan di sekitar mereka.

Dan, pariwisata yang dipimpin masyarakat adat dapat mendorong pengunjung untuk lebih memahami jalan menuju dan berpartisipasi dalam kegiatan yang mendukung rekonsiliasi.

Apa keuntungan dari pariwisata yang dipimpin oleh penduduk asli?

  • Memperluas kesadaran budaya pribumi
  • Mempekerjakan anggota komunitas lokal
  • Menyoroti komunitas lokal
  • Melestarikan tradisi
  • Mempromosikan rekonsiliasi
  • Mendukung pengusaha lokal
  • Memperkuat hubungan budaya dan komunitas
  • Mengajarkan keterampilan baru kepada kaum muda
  • Mendorong revitalisasi lahan

Beberapa tantangan wisata budaya meliputi:

  • Mengkomodifikasi pengalaman
  • Menjaga situs warisan
  • Overtourism
  • Mengurangi dampak pada area satwa liar

Sangat penting untuk menjelaskan bagaimana "Pengembangan pariwisata adat bahkan lebih sensitif terhadap risiko yang terkait dengan salah urus mengingat saling ketergantungan relasional budaya dan identitas Adat ke tempat-tempat dan jenis pengalaman yang semakin dicari oleh pengunjung."

Pada akhirnya, keberlanjutan pariwisata tergantung pada lingkungan alam dan pariwisata yang dipimpin penduduk asli memiliki pemahaman yang mendalam tentang hubungan ini.

menonton ikan paus di komunitas First Nations

Apa pentingnya pariwisata pribumi

Sebagai hasil dari peningkatan minat, "Pariwisata pribumi di Kanada terus matang dan telah terbukti menjadi pendorong ekonomi dan budaya utama bagi masyarakat adat di seluruh Kanada."

Hebatnya, "pada awal 2020 ada dilaporkan 1.900 bisnis pariwisata Pribumi mempekerjakan 40.000 pekerja dan menghasilkan $ 1,9 miliar kontribusi PDB langsung ke ekonomi Kanada".

Menurut Rekomendasi UNTWO tentang Pembangunan Berkelanjutan Pariwisata Adat, itu "memacu interaksi dan kebangkitan budaya, meningkatkan lapangan kerja, memberdayakan masyarakat lokal, terutama perempuan dan pemuda dan mendorong diversifikasi produk pariwisata, memungkinkan orang untuk mempertahankan hubungan mereka dengan tanah dan memelihara rasa bangga."

Apa yang bisa lebih bermanfaat bagi komunitas dan industri daripada itu?

Wisata budaya menyuntikkan pendapatan ke masyarakat setempat. Selain itu, ketika dikelola dengan serius dan berkelanjutan, itu meningkatkan kepercayaan diri dan berbagi pengetahuan di antara pekerja pariwisata.

pengalaman pariwisata berpemandu negara pertama

Bagaimana ITAC mendukung operator Pribumi

Didirikan pada tahun 2009, Indigenous Tourism Association of Canada (ITAC) mencakup lebih dari 20 organisasi industri pariwisata pribumi di seluruh Kanada.

Melalui berbagai taktik, termasuk dewan penasihat, konferensi dan kesempatan pelatihan, "tujuan dari Asosiasi Pariwisata Pribumi Kanada (ITAC) bertujuan untuk meningkatkan situasi sosial-ekonomi masyarakat adat dalam 10 provinsi dan 3 wilayah Kanada."

Seperti yang dibagikan dalam Panduan Perencanaan Bisnis Pariwisata Budaya Aborigin, operator pribumi dapat mengevaluasi pendekatan terbaik untuk mengembangkan bisnis tur masing-masing.

Untuk memastikan pengalaman otentik, operator Pribumi harus mempertimbangkan bagaimana mereka terlibat dalam:

  • Mengembangkan produk dengan hati-hati
  • Kejelasan dalam industri, belajar tentang wisatawan budaya
  • Menciptakan pengalaman yang otentik secara budaya
  • Terhubung dengan 'penjaga budaya' komunitas dan Sesepuh
  • Memenuhi harapan tamu melalui pelatihan staf dan keramahan yang sangat baik
  • Merancang dan memelihara kehadiran web dan media sosial yang efektif
  • Mengembangkan jaringan dukungan pribadi

ITAC berfokus pada menghubungkan perusahaan pariwisata lokal dengan aplikasi teknologi praktis untuk skala bisnis milik masyarakat adat secara berkelanjutan. Dengan menggunakan berbagai sesi pendidikan online, jaringan, dan lokakarya langsung, ITAC bertujuan untuk mempercepat peluang pertumbuhan yang tersedia bagi operator Pribumi.

Bagaimana Checkfront terlibat dengan ITAC

Dalam kemitraan dengan ITAC, Checkfront terlibat dengan kohort bisnis pariwisata Pribumi untuk mendorong adopsi perangkat lunak pemesanan online.

Salah satu contoh kisah sukses berasal dari Spirit Bear Lodge, sebuah pondok ekowisata yang berbasis di Klemtu, B.C menawarkan tur satwa liar dan ekspedisi multi-hari untuk para tamu. Dua anggota tim Pemasaran dan Penjualan mereka berbagi manfaat yang telah mereka lihat sejak menerapkan Checkfront untuk pemesanan online mereka.

Melalui pendidikan dan membangun hubungan, Checkfront dan ITAC bekerja sama untuk menampilkan nilai pemesanan online.

Pada akhirnya, kami ingin pemilik bisnis pariwisata merasa diberdayakan dengan platform yang mereka pilih. Setiap operator Adat yang diberdayakan berkontribusi terhadap industri pariwisata Pribumi yang kuat, berkelanjutan, dan mendukung untuk semua.

Ingin lebih banyak ide untuk mengembangkan bisnis tur dan aktivitas Anda?

Berlangganan Buletin Ch

Posting Komentar untuk "Pariwisata Pribumi: Memberdayakan Masa Depan yang Berkelanjutan"