Keterampilan apa yang harus Anda ukur dalam tinjauan kinerja?

ejemplo-de-competencias-evaluacion-desempeño



Ada berbagai keterampilan yang harus diukur dalam penilaian kinerja, tetapi sangat penting untuk fokus pada yang paling penting untuk peran setiap orang dalam organisasi.

Namun, ada 12 aspek menarik yang perlu dipertimbangkan untuk hampir semua profesional. Kami akan menjelaskan apa itu dan mengapa mereka penting.

 

1. Kreativitas dan inovasi

 

Kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan peluang baru, menghasilkan ide-ide orisinal, mudah beradaptasi dengan perubahan dan menggunakan imajinasi untuk memecahkan masalah yang kompleks. Ini, pada gilirannya, mengarah pada inovasi. Dan seperti yang dijelaskan dalam artikel ini di Forbeskreativitas adalah keterampilan masa depan. Pada tingkat perusahaan, kreativitas dan inovasi juga merupakan kunci dalam memastikan Anda menonjol dari kompetisi.

Tapi bisakah kreativitas diukur? Sebuah perusahaan Australia melakukan 1300 tes pada para profesional dari berbagai sektor, selama periode satu tahun. Mereka menemukan formula untuk mengukur kapasitas seseorang untuk berpikir kreatif di tempat kerja. Sementara prosesnya dijelaskan dengan hati-hati dalam artikel ini, ada enam parameter utama yang perlu diingat:

 

  1. Keterbukaan terhadap pengalaman
  2. Self-efficacy kreatif
  3. Ketahanan
  4. Keyakinan dalam intuisi
  5. Toleransi ambiguitas
  6. Aplikasi silang pengalaman


 

2. Kemampuan beradaptasi

 

Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan mengatasi dan menyesuaikan diri dengan situasi yang tidak terduga dan mendekati mereka dengan sikap positif. Dalam hal tempat kerja, kemampuan karyawan untuk beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan baru sangat penting.

 

Sumber: barclays.com

 


Sebuah studi oleh Barclays tentang tenaga kerja Inggris (mewawancarai 10.000 orang) menunjukkan bahwa 60% pengusaha merasa bahwa kemampuan beradaptasi sekarang merupakan keterampilan yang lebih penting daripada 10 tahun yang lalu. Seperti yang dikatakan Sherry Coutu, CEO Founders4Schools, "kita menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi, sehingga mampu menghadapi ambiguitas tingkat tinggi adalah penting."

 

 

3. Komunikasi


Komunikasi adalah pertukaran informasi dan ide-ide dalam suatu organisasi. Komunikasi yang efektif, bagaimanapun, hanya dapat bekerja ketika pesan dikirim dan diterima secara akurat.

Menurut studi Barclay tentang komunikasi, 54% dari semua yang diwawancarai percaya bahwa komunikasi telah menjadi keterampilan kedua yang paling dihargai (setelah kemampuan beradaptasi) dalam 10 tahun terakhir. Keterampilan ini biasanya berjalan seiring dengan budaya perusahaan dan kinerja tinggi.

 

Ini adalah salah satu keterampilan yang harus diukur dalam tinjauan kinerjaLaurie Wasko, Direktur Layanan Konsultasi untuk Select, menyarankan tiga cara untuk melakukan ini:

 

  • Mengukur keterampilan komunikasi selama wawancara.
  • Ajukan pertanyaan seperti: "apa yang akan Anda lakukan jika ...?"
  • Lakukan tes tertulis.

 

 

4. Responsibility

 

Accountability and accepting responsibility for your own results, for better or worse, is another important trait in an employee. It’s a sign of integrity and commitment to the company and their work.

Responsibility is fundamental to maintain high levels of efficiency and accuracy. In an article in the Harvard Business Review, Thomas Ricks explains the importance of demanding responsibility within a team. Otherwise, an atmosphere of inefficiency is created and the team will have to take on more work to drive the business forward.

 

 

5. Time and attendance

 

Attendance and punctuality are important factors in an employee performance review as they are basic requisites for most jobs and essential for effective performance.

By using a HR software with absence and leave management and time tracking features, evaluating these aspects in an employee will become so much easier. All the information you need will be available in the same tool, so you can discover whether they are punctual, how many days’ work they’ve missed and why.

 

 

6. Productivity and quality of work

 

Produktivitas mengukur efisiensi yang dengannya seorang karyawan melakukan tugas-tugas mereka. Semakin tinggi produktivitas, semakin hemat biaya karyawan untuk perusahaan. Inilah sebabnya mengapa organisasi yang memiliki karyawan yang sangat efisien dalam tim mereka mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Untuk alasan ini, ini adalah salah satu keterampilan yang harus Anda nilai dalam tinjauan kinerja.

Di antara indikator kinerja utama yang tersedia bagi kami, produktivitas dapat diukur dalam beberapa cara. Penting untuk menemukan formula yang paling mewakili pekerjaan profesional sehingga informasi yang diperoleh adalah setia pada kenyataan mungkin.

 

 

templat CTA

 

 

7. Prestasi

 

Mengakui prestasi karyawan adalah salah satu faktor pendorong terbesar. Bahkan, penelitian oleh Happiness Research Institute menemukan bahwa tujuan pertemuan adalah aspek terpenting keempat dalam mendapatkan pencapaian dan partisipasi karyawan.

Selama tinjauan tahunan, membahas pencapaian karyawan yang paling sukses dan memberi selamat kepada mereka atas pekerjaan mereka sangat penting. Meski begitu, mengakui manfaat dan merayakannya sebagai tim sehari-hari juga penting untuk menjaga tingkat motivasi dan komitmen tetap tinggi.

 

 

8. Kerja Sama

 

Menilai kemampuan karyawan untuk bekerja sama adalah penting untuk menjamin bahwa proyek dan tugas tim akan mengalir dengan lancar. Ketika beberapa orang bergantung pada yang lain untuk dapat menyelesaikan tugas, kerja sama sangat penting untuk memastikan aliran pekerjaan yang stabil. Hal ini identik dengan produktivitas.

Tingkat kerja sama seseorang dapat ditentukan dengan menetapkan beberapa skala. Seorang individu yang sangat kooperatif akan menjadi orang yang:

 

  • Senang bekerja dengan orang lain.
  • Berkolaborasi dan berfokus untuk mencapai konsensus umum.
  • Penuh perhatian, sopan dan hormat dengan anggota tim lainnya.


Karyawan yang memperoleh skor tertinggi akan:

 

  • Lebih suka bekerja sendiri.
  • Ingin menyelesaikan masalah sendiri daripada meminta bantuan.
  • Rekan satu tim mereka tidak meminta bantuan mereka.

 

 

9. Pelatihan

 

Keterampilan lain untuk mengukur selama tinjauan kinerja adalah tingkat minat dan keterlibatan karyawan dalam rencana pelatihan dan pengembangan yang diperkenalkan oleh perusahaan. Apakah mereka menghadiri kelas? Berapa banyak yang mereka manfaatkan dari mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diajukan selama penilaian tahunan dan relevan ketika datang untuk meninjau seorang profesional.

 

 

10. Perbaikan

 

Ketika melakukan penilaian kinerja, sangat penting untuk menyimpulkan pertemuan dengan menyetujui bersama beberapa area untuk perbaikan dan menetapkan tindakan spesifik untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengunjungi kembali masing-masing selama tinjauan berikutnya, untuk melihat perbaikan yang telah dilakukan karyawan.

Tujuan utama dari penilaian kinerja adalah untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan karyawan, sehingga memantau evolusi mereka dan perbaikan sangat penting.

 

 

11. Keterampilan interpersonal

 

Keterampilan interpersonal, atau soft skill, adalah mereka yang menyangkut bagaimana kita berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Dengan ini yang kami maksud, misalnya, keterampilan mendengarkan aktif, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, dll.

Keterampilan interpersonal memiliki pengaruh yang lebih besar dalam pemilihan kandidat. Di satu sisi, karena semua pekerjaan melibatkan interaksi dengan orang lain (kolega, klien, dll.) dan, di sisi lain, karena mereka adalah sifat-sifat yang menentukan kepribadian seseorang. Jika seorang karyawan menonjol di bidang ini atau perlu ditingkatkan, maka ini harus disebutkan selama penilaian.

 

 

12. Pemecahan masalah

 

Pemecahan masalah adalah kemampuan untuk mendeteksi masalah, menetapkan penyebabnya, mengidentifikasi solusi yang mungkin dan memilih yang tepat. Ini dianggap sebagai soft skill.

Salah satu cara untuk mengukur keterampilan ini adalah dengan menilai bagaimana seorang karyawan mendekati masalah yang berbeda selama periode peninjauan. Kita juga dapat meminta mereka, selama peninjauan itu sendiri, untuk berbicara tentang hambatan yang mereka temui dan bagaimana mereka mengatasinya.

 

 

Peran teknologi dalam penilaian keterampilan tinjauan kinerja


Teknologi dapat sangat membantu dalam merancang struktur dan organisasi dari seluruh proses penilaian, di mana begitu banyak keterampilan sedang diukur. Perangkat lunak tinjauan kinerja memungkinkan Anda untuk merancang proses, menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik masing-masing perusahaan dan memantaunya sepanjang tahun.

Penting juga untuk menyimpan catatan penilaian karyawan sebelumnya untuk dapat melacak evolusi mereka selama periode waktu tertentu. Menyimpan komentar dan skor yang diperoleh, dll., Dapat sangat membantu dalam memastikan tindak lanjut yang tepat.

Pada saat yang sama, teknologi memungkinkan Anda membuat peringatan dan pemberitahuan untuk menjaga tim SDM dan tenaga kerja tetap up to date tentang ulasan di masa depan dan hasil yang diperoleh. Komunikasi dan mengelola harapan sangat penting untuk kelancaran proses yang memenuhi tujuannya: pengembangan karyawan dan pertumbuhan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Keterampilan apa yang harus Anda ukur dalam tinjauan kinerja?"