Cara membersihkan komputer









Anda dapat mengonfigurasi kipas sesuka Anda, menggunakan filter debu sebanyak mungkin, dan memastikan PC Anda jauh dari karpet dan bulu yang menempel di lantai, tetapi pada titik tertentu, bagian dalam casing Anda akan berdebu. Anda tidak dapat menghindarinya, dan ada baiknya untuk membersihkan PC Anda sesekali jika Anda ingin menjaga suhu komponen Anda tetap terkendali. Berikut adalah metode yang kami gunakan untuk membersihkan komputer kami dengan aman dan menyeluruh. 

Cara membersihkan debu dari PC Anda

Hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat membersihkan casing Anda adalah kami ingin memungkinkan udara sejuk dan segar masuk ke casing dan udara panas keluar. Jika filter debu tersumbat atau ada debu berlebih yang terkumpul di sekitar unit pendingin, itu tidak akan mungkin terjadi dan sistem Anda bisa menjadi terlalu panas. 

Untuk mengatasi itu, Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk menghilangkan debu dan membuat sistem Anda segar dan bersih.

Catatan: Setiap kali membersihkan PC atau komponennya, Anda harus ekstra hati-hati terhadap kerusakan statis. Menggunakan gelang anti-statis sangat ideal, tetapi jika Anda tidak memilikinya, pastikan untuk mengardekan diri Anda secara teratur dengan menyentuh kasing atau rumah PSU Anda.

  • Kenakan masker debu atau respirator jika Anda ingin menghindari menghirup debu dan kotoran yang Anda keluarkan dari kasing.
  • Matikan PC Anda dan cabut kabel power dari belakang. Jika Anda ingin lebih aman, cabut semuanya.
  • Pindahkan komputer Anda ke tempat yang berventilasi baik jika memungkinkan, atau setidaknya buka jendela atau pintu untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam ruangan.
  • Lepaskan panel samping dan (jika mungkin) panel depan casing Anda.
  • Gunakan kain bebas serat atau sekaleng udara bertekanan untuk membersihkan debu dari filter debu apa pun, serta kotoran yang terlihat jelas di dasar casing. 
  • Gunakan sekaleng udara bertekanan—kami tidak menyarankan Anda mencoba meniup dengan paksa—untuk membersihkan debu dari heatsink seperti pendingin CPU atau kartu grafis Anda.

Gunakan sekaleng udara bertekanan untuk menghilangkan debu bebas yang menumpuk di komponen Anda.
Gunakan sekaleng udara bertekanan untuk menghilangkan debu bebas yang menumpuk di komponen Anda.

Beberapa ledakan cepat akan membuat komponen Anda, seperti radiator ini, terlihat bagus seperti baru.
Beberapa ledakan cepat akan membuat komponen Anda, seperti radiator ini, terlihat bagus seperti baru.

Setelah Anda menghilangkan semua debu, gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang menempel di lantai. Namun, jangan gunakan penyedot debu langsung di bagian dalam casing Anda, karena ada risiko nyata kerusakan statis. (Anda bisa menggunakannya sebagai peniup dalam keadaan darurat, yang biasa dilakukan Jarred, tetapi jangan sampai ujungnya dekat dengan komponen sensitif.)

Jika PC Anda sudah lama tidak dibersihkan, kemungkinan besar Anda memiliki debu yang menempel pada kipas, ventilasi, dan unit pendingin. Dalam hal ini, membersihkan debu dengan cepat tidak akan membuat Anda lebih jauh dari gambar di bawah ini, dan Anda harus melakukan pembersihan yang dalam. 

Cara membersihkan PC Anda secara mendalam

Jika Anda menampilkan PC Anda seperti sebuah karya seni seperti halnya alat fungsional atau mesin game, maka Anda pasti ingin melakukan lebih dari sekadar membersihkannya. Untuk itu, kami sarankan untuk menghapus semuanya dari kasing. Itu berarti mengulang semua manajemen kabel Anda, menguras loop pendingin air, dan melepaskan semua caddy drive Anda. Namun, hasil akhirnya sepadan.

Catatan: Kami tetap merekomendasikan gelang antistatis saat menangani komponen apa pun. Jika Anda tidak memilikinya, sentuh casing PC Anda secara berkala untuk mengardekan sendiri.

  • Lepaskan semua komponen Anda dan letakkan di atas permukaan yang tidak konduktif. Jika Anda melepas unit pendingin CPU—tidak sepenuhnya diperlukan—perhatikan bahwa Anda harus melepas dan mengoleskan kembali pasta termal. Jika Anda tidak yakin bagaimana caranya, baca panduan kami .
  • Gunakan udara bertekanan dan kain bebas serat untuk meniup dan menyeka debu yang menumpuk yang dapat Anda lihat. Berikan perhatian khusus pada celah, selubung plastik, dan heat sink. Bersihkan juga filter debu secara menyeluruh.
  • Untuk membersihkan bilah kipas, pegang dengan stabil dan seka atau tiup setiap bilah satu per satu. 
  • Jika ada sidik jari atau tanda berminyak pada sesuatu, gunakan kapas dan isopropil alkohol atau yang setara untuk membersihkannya. Pastikan untuk membiarkannya kering sebelum menyatukannya kembali.
  • Beberapa komponen, seperti kartu grafis, dapat menumpuk debu di dalam area tertutup. Membersihkannya mungkin memerlukan pembongkaran kartu, yang dapat dilakukan jika Anda memiliki alat yang tepat (bit hex dan Torx kecil sering kali diperlukan).

Ada komponen tertentu, seperti interior PSU Anda, yang tidak dapat Anda bersihkan secara efektif tanpa membongkarnya dan membatalkan garansi Anda. Melakukannya juga bisa berbahaya. Sebagai gantinya, kami sarankan menggunakan sekaleng udara bertekanan dengan sedotan panjang yang terpasang untuk memberikan sedikit ledakan untuk menghilangkan debu yang membandel. Saat Anda menyalakannya lagi, kipas dan aliran udara alaminya sendiri akan mengeluarkan debu yang terlepas dari bagian belakang.

Setelah selesai membersihkan, kumpulkan semuanya kembali. Manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan sedikit manajemen kabel karena dapat membantu menghindari penumpukan debu dengan membuat saluran udara yang lebih bersih melalui sistem Anda. 

Seberapa sering saya harus membersihkan PC saya?

Untuk menjaga sistem yang sehat, kami merekomendasikan debu ringan setidaknya setiap tiga hingga enam bulan, atau lebih sering jika Anda memiliki hewan peliharaan atau tinggal di lingkungan yang sangat berdebu. Untuk pembersihan mendalam, disarankan setiap enam bulan hingga satu tahun jika Anda ingin mempertahankan kinerja puncak, atau setidaknya setiap beberapa tahun untuk menghindari potensi masalah panas berlebih.

Posting Komentar untuk "Cara membersihkan komputer"