7 Tips Hemat Energi Komputer


Panduan berikut memberikan tips tentang cara menghemat energi saat Anda menggunakan komputer. Penghematan energi penting karena biaya yang meningkat, tetapi Anda memiliki motivasi lain untuk mengurangi energi yang digunakan oleh perangkat elektronik Anda.

Sementara harga energi mungkin menjadi motivasi utama untuk mengurangi biaya, ada manfaat lain yang berkaitan dengan sistem komputer. Sistem komputer yang hemat energi akan menghasilkan panas yang lebih sedikit. Ini penting di bulan-bulan musim panas di mana panas dapat menyebabkan segala macam masalah komputer, dan juga tingkat kebisingan yang meningkat karena kipas komputer mencoba mendinginkan komponen.

Sistem komputer mengkonsumsi daya. Jumlah daya tergantung pada sistem yang ada. Ini dapat sangat bervariasi tergantung pada perangkat kerasnya. Komputer pengguna kelas atas dengan perangkat keras terbaru akan mengkonsumsi lebih banyak daya daripada sistem komputer Office yang menggunakan perangkat keras kelas bawah. Sistem komputer kelas atas menggunakan 250 Watt atau lebih per jam yang setara dengan 1 kWh setiap empat jam penggunaan. Biaya energi rata-rata AS pada tahun 2009 untuk 1 kWh adalah $0,11. Ini sangat bervariasi di negara ini tetapi juga di seluruh dunia. Biaya 1 kWh di Jerman rata-rata sekitar $0,27 misalnya.

Sebuah komputer yang berjalan 24 jam sehari menggunakan 100 Watt per jam akan membutuhkan 876 kWh setahun yang sama dengan $96 bila menggunakan rata-rata AS dan $236 di Jerman. Jika komputer menggunakan 250 Watt, biayanya akan naik menjadi 2.190 kWh per tahun yang sama dengan $240 di AS dan $591 di Jerman. Tidak semua sistem komputer berjalan 24 jam tetapi mungkin baik untuk mengetahui secara maksimal. Ingatlah bahwa biaya energi terus meningkat dan juga akan mengurangi panas dan kebisingan.

1. Beli produk hemat energi

bintang energi

Mempertimbangkan produk hemat energi adalah cara yang baik untuk menghemat energi sejak awal. Carilah logo seperti Energy Star untuk membeli perangkat keras komputer yang menawarkan efisiensi energi yang baik. Ide bagus lainnya adalah mencari unit catu daya 80+ yang juga lebih hemat energi. (Lihat 80 Unit Catu Daya Plus )

Anda juga dapat menghemat energi saat membeli komponen yang dirancang untuk penggunaan seluler, atau komponen yang dilengkapi dengan fitur hemat energi ekstra.

2. Gunakan fitur hemat daya bawaan

hemat energi

Sebagian besar sistem operasi dilengkapi dengan fitur hemat daya yang menempatkan perangkat keras seperti hard drive atau monitor komputer ke mode siaga atau mematikannya saat tidak digunakan.

Mode idle mengkonsumsi energi antara 20 hingga 50 kali lebih sedikit. Pengguna Windows menemukan pengaturan hemat daya di Panel Kontrol atau aplikasi Pengaturan. Mungkin perlu untuk mengubah nilai untuk mematikan monitor komputer, hard drive, dan sistem siaga sehingga tidak berdampak negatif pada pekerjaan Anda. Jangka waktu yang lebih pendek akan menghemat lebih banyak energi tetapi juga lebih mungkin mempengaruhi pekerjaan.

Ini juga termasuk kemungkinan untuk meng-underclock perangkat keras. Kartu video kelas atas hanya diperlukan dengan kekuatan penuh saat memainkan game komputer terbaru. Ini jelas tidak diperlukan di sebagian besar situasi lain. Underclocking kartu video akan menghemat energi (baca membuat profil kartu video untuk menghemat daya ) Hal yang sama berlaku untuk prosesor.

3. Turunkan kecerahan

Menurunkan kecerahan monitor komputer, atau monitor lain sebenarnya, menghemat energi. Ini sebenarnya tip yang bagus untuk pengguna dengan laptop, netbook, dan perangkat seluler lainnya termasuk ponsel. Ini juga dapat membantu pada sistem desktop. Cukup untuk menurunkan kecerahan hingga 50%, karena Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat saat Anda menurunkannya lebih jauh.

4. Matikan monitor daripada menggunakan screensaver

Screensaver tidak menghemat energi. Fungsi mereka hari ini direduksi menjadi visual saja. Mematikan monitor komputer alih-alih menjalankan screensaver menghemat banyak energi.

5. Nonaktifkan perangkat yang tidak diperlukan

Laptop datang dengan segala macam perangkat yang mungkin tidak dibutuhkan pengguna. Setiap perangkat - jika diaktifkan - mengkonsumsi energi terutama jika aktif.

Pengguna laptop yang menggunakan adaptor jaringan bawaan dan kabel untuk menyambung ke Internet mungkin tidak memerlukan Wi-fi, modem bawaan, Bluetooth, atau inframerah. Hal yang sama mungkin berlaku untuk perangkat lain seperti drive DVD atau kartu suara.

6. Matikan komputer

Ini mungkin tip yang jelas tetapi ada beberapa mitos seputar ini. Beberapa pengguna berpikir bahwa mematikan komputer akan mengurangi masa pakainya. Yang lain percaya bahwa akan membutuhkan lebih banyak daya untuk mematikan dan menghidupkan kembali komputer daripada memasukkannya ke mode hibernasi.

Mungkin tidak masuk akal untuk mematikan sistem komputer saat akan istirahat 5 menit, tetapi tentu masuk akal untuk istirahat yang lebih lama, misalnya makan siang atau rapat.

7. Bagikan perangkat keras jika sesuai

Perangkat keras seperti printer, pemindai, atau router yang terhubung ke sistem komputer juga menggunakan daya. Cara menghemat energi adalah dengan membagikan perangkat ini jika memungkinkan. Ini memang membutuhkan beberapa pengetahuan komputer sekalipun.

Putusan Penghematan Energi: Dimungkinkan untuk menghemat banyak energi dengan mematikan perangkat saat tidak diperlukan. Membeli perangkat keras hemat energi dan menggunakan pengaturan hemat daya adalah dua pilihan bermanfaat lainnya.

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan? Beri tahu kami di komentar.

Posting Komentar untuk "7 Tips Hemat Energi Komputer"