9 pernyataan C++ untuk memulai perjalanan pemrograman C++ Anda

 




C++ adalah bahasa pemrograman multi-paradigma yang memberi Anda fleksibilitas luar biasa. Untuk memanfaatkan kekuatan bahasa pemrograman C++, Anda perlu tahu cara menangani pernyataan. Setiap program C++ ditulis menggunakan pernyataan. Pernyataan menginstruksikan komputer tentang tugas mana yang harus dilakukan.

Pada artikel ini, kami akan membahas sembilan pernyataan dasar untuk membantu Anda memulai sebagai programmer C++.

Memulai dengan pernyataan C++

Apa itu pernyataan?

Sebuah pernyataan diterjemahkan menjadi instruksi ke komputer untuk melakukan tugas tertentu . Program C++ apa pun beroperasi di luar kode sumber, yang terdiri dari kulminasi pernyataan yang menentukan tindakan komputer Anda. Ada banyak pernyataan C++ untuk dipelajari. Saat Anda mulai menguasai dasar-dasarnya, Anda bahkan dapat membuat pernyataan C++ Anda sendiri.

Ada berbagai macam pernyataan dalam bahasa pemrograman C++. Misalnya, beberapa pernyataan disebut pernyataan bersyarat, karena mereka mendefinisikan kondisi di mana tugas tertentu harus dilakukan. Artikel ini juga menyertakan pernyataan yang dikenal sebagai preprocessing directives . Preprocessor daripada compiler melakukan tindakan pada arahan preprocessing. Preprocessor memproses data dan menghasilkan output untuk digunakan dalam compiler. Direktif praprosesor didahului oleh tanda hash ( #).


Kompiler C++

Jika Anda belum memiliki kompiler, Anda memerlukannya untuk mulai menjalankan kode C++. Kompilator adalah program yang menerjemahkan kode sumber tertulis Anda ke dalam kode mesin yang dapat dieksekusi. Kompiler disertakan dalam aplikasi yang dikenal sebagai lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) dan editor kode atau teks. Jika Anda belum memilikinya, lihat pilihan kami untuk IDE C++ dan editor kode terbaik . Pilihan program Anda mungkin bergantung pada sistem operasi Anda. Misalnya, Dev-C++ hanya berjalan di Windows, sedangkan Visual Studio Code berjalan di Windows, Linux, dan macOS.

9 pernyataan C++ untuk memulai perjalanan pemrograman C++ Anda

1.#include

Pernyataan #includetersebut memberi tahu praprosesor Anda untuk memasukkan file tertentu ke dalam program. File-file ini biasanya adalah file header dari pustaka standar atau pustaka yang ditentukan pengguna saat ini. File header berisi deklarasi C++ dan definisi makro. Menyertakan file header dalam program Anda memberikan definisi dan deklarasi yang Anda perlukan untuk menggunakan panggilan sistem atau pustaka terkait.

Ada dua jenis includepernyataan, dengan sintaks dan kegunaan yang berbeda:

  • #include<filename>
    • Gunakan pernyataan ini saat menyertakan file standar dari pustaka standar. File-file ini berisi definisi untuk fungsi yang telah ditentukan sebelumnya, dan mereka harus disertakan sebelum menggunakan fungsi. Misalnya, fungsi I/O terkandung dalam iostreamfile di pustaka standar. Karena itu, Anda harus menyertakan iostream filesebelum Anda menggunakan fungsi I/O seperti coutdan cin.
  • #include "filename"
    • Gunakan pernyataan ini saat memasukkan file yang ditentukan pengguna dari direktori saat ini.

2.#define

Pernyataan #defineini digunakan untuk mendefinisikan makro. Makro adalah blok kode dalam program yang diberi nama. Setiap kali nama makro yang ditentukan muncul di kode sumber Anda, kompiler akan menggantinya dengan blok kode yang Anda tetapkan untuk nama makro itu. Memanfaatkan makro membuat proses penulisan kode tidak terlalu membosankan.

Sintaks untuk #definepernyataan tersebut adalah sebagai berikut:

#define macro_name replacement_text

Catatan : Tidak diperlukan titik koma setelah #definepernyataan.

3.using

Pernyataan usingtersebut memberi tahu kompiler Anda untuk membawa anggota tertentu ke dalam lingkup saat ini, atau metode atau variabel kelas dasar yang ditentukan ke dalam lingkup kelas saat ini. Kata usingkunci diikuti oleh anggota, metode kelas, atau variabel mana pun yang perlu dimasukkan ke dalam ruang lingkup.

Misalnya, kita sering melihat usingkata kunci ketika kita membawa namespace seperti stdke dalam ruang lingkup. Sintaks untuk skenario ini adalah sebagai berikut:

#include <iostream>
using namespace std;

4. Definisi fungsi utama

Fungsi utama adalah fungsi khusus yang dipanggil pada saat program dimulai. Di lingkungan yang dihosting seperti sistem operasi, fungsi utamanya adalah titik masuk dari mana komputer akan mulai menjalankan kode.

Mendefinisikan fungsi utama memerlukan pengaturan parameter dalam tanda kurung. Jika tidak ada parameter yang diperlukan, tanda kurung boleh kosong. Anda akan menggunakan kurung kurawal {}untuk menyertakan pernyataan yang menentukan perilaku fungsi Anda. Tidak diperlukan titik koma setelah definisi fungsi.

Sintaks umum untuk mendefinisikan suatu fungsi adalah:

ReturnType FunctionName ( Parameter1,Parameter2, ...) { Pernyataan }

Kode berikut menunjukkan contoh pendefinisian fungsi utama bertipe int:


Definisi fungsi utama

5. Deklarasi variabel

Untuk mendeklarasikan variabel, mulailah dengan menentukan tipe data variabel, diikuti dengan nama variabelnya.

Berikut ini adalah sintaks untuk mendeklarasikan variabel integer n:

int n;

6.if

ifadalah jenis pernyataan kontrol yang dikenal sebagai pernyataan bersyarat. Anda akan mengikuti ifkata kunci dengan kondisi. Jika kondisi itu terpenuhi, kompiler Anda kemudian akan melanjutkan untuk melakukan tugas berikutnya yang Anda tetapkan (dengan kata lain, pernyataan if-then Anda ) .

Contoh berikut menunjukkan sintaks untuk if, di mana
30 > 10

if (30 > 10) {
  cout << 30 is greater than 10;
}

7.cout

Pernyataan coutini digunakan dengan operator penyisipan atau operator keluaran <<coutmencetak kode yang mengikuti operator penyisipan ke konsol. coutdidefinisikan dalam file header iostream.

Contoh penggunaan dari coutadalah variasi berikut dari "Hello world":

"Halo dunia" dengan cout

8.endl

endldapat digunakan dengan coutuntuk menambahkan baris baru setelah teks. Dengan pengetahuan baru ini, mari kita lihat bagaimana kita dapat mempengaruhi output dari kode sebelumnya untuk cout.

"Halo dunia" dengan endl

9.cin

Pernyataan cintersebut digunakan dengan operator ekstraksi atau operator input >>cinakan memberikan nilai yang dimasukkan ke variabel setelah operator ekstraksi. Anda dapat menggunakan cindeklarasi variabel setelahnya, dan menulis cinpernyataan untuk mendefinisikan nilai variabel. Saat program berjalan, input yang Anda masukkan akan ditetapkan ke variabel. cindidefinisikan dalam file header iostream.

cindan coutsering digunakan bersama-sama. Dalam contoh berikut, coutpernyataan menampilkan pesan yang meminta pengguna untuk memasukkan nilai. Pernyataan cinkemudian memberikan nilai ke variabel.


Sekarang mari kita uji pengetahuan kita dengan kuis!

Uji pengetahuan Anda!

1

File header mana yang perlu disertakan untuk cindan coutpernyataan?

)

matematika.h

)

string.h

)

iostream

Soal dari 2
percobaan

Penutup dan langkah selanjutnya

Selamat! Anda sekarang tahu sembilan pernyataan dasar C++. Masih banyak lagi yang harus dipelajari. Cara terbaik untuk belajar adalah berlatih menggunakan pernyataan-pernyataan ini dalam kode Anda.

Untuk membantu Anda memulai sebagai programmer C++, Educative telah membuat kursus C++ dari Scratch . Anda akan menemukan beberapa tutorial C++ dan template C++. Dan dengan IDE berbasis cloud, Anda dapat langsung berlatih coding dari komputer mana pun tanpa menginstal IDE atau editor kode.

Selamat belajar!

https://www.educative.io/blog/cpp-c-plus-plus-commands-beginner


Posting Komentar untuk "9 pernyataan C++ untuk memulai perjalanan pemrograman C++ Anda"